Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Ketahui Perbedaan Brand Image dan Brand Identity untuk Bisnis Anda

news-image

Saat Anda hendak menciptakan suatu produk dan memulai bisnis yang baru, memiliki pemahaman yang baik terkait brand identity dan brand image merupakan hal yang cukup krusial. Pasalnya, kedua hal tersebut memiliki pengaruh yang cukup signifikan, terutama pada upaya pemasaran yang akan Anda lakukan nantinya.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa perbedaan terkait brand image dan brand identity untuk diketahui sebagai persiapan menerapkan manajemen bisnis yang lebih baik. Penasaran apa saja perbedaan diantaranya keduanya? Simak ulasannya!

Baca juga : Apa Itu After Sales Service? Cari Tahu Agar Kualitas Bisnis Makin Maksimal

Ragam Perbedaan Brand Image dan Brand Identity dari Berbagai Aspek

Seperti yang disinggung di awal, baik brand image dan brand identity merupakan dua aspek yang sangat penting berkaitan dengan bisnis, terutama untuk pemasaran. Tentu, agar bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat dan efektif, Anda harus mengetahui maksud dari kedua hal tersebut.

Nah, adapun beberapa perbedaan antara brand image dan brand identity dilihat dari beberapa aspek yang berbeda adalah sebagai berikut:

  1.     Pengertian secara umum

Untuk mengetahui tentang brand image dan brand identity, mari kita awali dari pengertian keduanya secara umum. Secara singkat, brand identity merupakan sebuah identitas yang diperkenalkan oleh perusahaan kepada konsumen. Umumnya, identitas tersebut berbentuk logo, relasi atau juga personality.

Dengan menggunakan brand identity tersebut, maka perusahaan akan berusaha membangun sebuah citra terbaik di hadapan konsumen. Dengan citra yang baik, maka perusahaan akan memiliki pengaruh lebih kuat.

Sementara brand image adalah pendapat yang dimiliki oleh para konsumen. Pendapat ini tentu merupakan respons dari brand identity yang diberikan oleh perusahaan tadi. Bisa dikatakan bahwa brand image ini terbentuk secara alami dan tidak bisa dipaksakan.

  1.     Fokus yang dimiliki

Meskipun brand image dan brand identity memiliki fungsi yang hampir sama, namun kenyataannya kedua hal ini memiliki fokus yang berbeda. Perlu diketahui bahwa fokus dari brand identity adalah membangun identitas dari sebuah perusahaan atau bisnis. Output dari strategi ini adalah perusahaan atau bisnis akan cenderung lebih unggul dari kompetitor.

Lalu, bagaimana dengan brand image?

Nah, fokus dari brand image adalah reputasi, profesionalisme dan juga kredibilitas yang dimiliki oleh perusahaan.

  1.     Kontrol yang berbeda

Perbedaan lain dari brand image dan brand identity terletak pada kontrol keduanya. Dalam hal ini, masyarakat tidak memiliki akses dan peran untuk mengontrol brand identity yang memang menjadi domain dari sebuah perusahaan atau bisnis yang dikelola. Segala hal yang terkait dengan brand menjadi urusan privat dari perusahaan.

Baca juga : Ini Dia 5 Sumber Modal Bisnis yang Bisa Anda Usahakan

Di sisi lain brand image justru secara penuh dikontrol oleh masyarakat dan pemilik brand tidak memiliki akses untuk hal tersebut. Seperti yang disinggung di awal, respons atau opini dari masyarakat sebagai konsumen akan terbentuk secara alami dan sendiri tanpa adanya paksaan.

Terkait brand image tersebut pemilik brand hanya bisa berusaha untuk mengubah citra dan melakukan perbaikan guna mempengaruhi opini.

  1.     Faktor penentu yang mendasari

Satu lagi perbedaan dari brand image dan brand identity adalah faktor penentu diantara keduanya. Terkait hal ini, brand identity sangat dipengaruhi oleh presentasi brand di masyarakat. Sementara brand image akan cenderung ditentukan oleh pengalaman konsumen baik yang berasal dari iklan atau penggunaan produk.

Beberapa hal di atas adalah perbedaan brand image dan brand identity yang perlu diketahui. Nah, untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat terutama untuk mendapatkan citra yang baik, Anda bisa menggunakan layanan pgbayarind.id. Pasalnya, layanan payment gateway ini akan memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi sehingga mereka akan terkesan dengan bisnis Anda!

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru