Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Ini Dia 5 Sumber Modal Bisnis yang Bisa Anda Usahakan

news-image

Memulai bisnis adalah investasi terbaik untuk jangka panjang. Namun, sering kali keinginan untuk membuka bisnis terganjal oleh masalah modal. Karena sulitnya mencari sumber modal, banyak pebisnis yang terpaksa menunda keinginan untuk merintis usaha impian mereka.

Bagi yang Anda ingin memulai usaha tapi dana kurang, tidak perlu khawatir. Ada banyak sumber modal lain yang bisa dicoba dan diusahakan. Apa saja sumber modal tersebut? Berikut daftarnya :

1. Tabungan Pribadi

Banyak pengusaha sukses yang mengawali bisnisnya dengan jadi karyawan. Bagi yang saat ini masih berstatus karyawan dan tertarik untuk memulai bisnis, jangan lupa menyisihkan pendapatan untuk memulai usaha.

Tidak perlu menyisihkan modal yang besar. Cukup sisihkan 10% saja untuk modal awal usaha yang ingin dijalankan. Modal tersebut dapat digunakan untuk membeli bahan baku ataupun perlengkapan operasional yang diperlukan.

Jika modal yang ditargetkan telah mencukupi, Anda bisa mulai menjalankan bisnis sedikit demi sedikit dari tabungan pribadi tersebut. Mungkin membutuhkan waktu yang lama. Jadi Anda harus bersabar terlebih dahulu.

Baca juga : Cek 5 Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Online

2. Menjual Aset

Untuk memulai hal yang lebih besar, tak ada salahnya menjual aset seperti kendaraan bermotor, emas, ataupun barang berharga lainnya. Jika usaha yang telah dirintis berkembang dan berhasil, Anda masih bisa membeli aset tersebut kembali.

Sebelum menjual aset untuk modal usaha, ada baiknya jangan lupa untuk memperhitungkan harga jual di pasaran terlebih dahulu. Juga jangan lupa untuk risiko yang perlu dihadapi agar terhindar dari kerugian besar.

3. Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Opsi sumber modal bisnis populer selanjutnya adalah dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan di bank besar. Keunggulan mengajukan KTA adalah Anda tidak perlu memberikan jaminan sebelum dana cair.

Tak hanya itu saja, bunga yang ditawarkan KTA juga lumayan kecil dibanding produk kredit lainnya karena hanya sekitar 10 persen saja. Agar hasil pinjamannya lebih maksimal, coba lebih cerdas untuk mengambil tenor pinjaman.

4. Patungan Modal

Bagi Anda yang punya teman dengan minat bisnis yang sama, ajak mereka untuk memulai bisnis dan jadikan sebagai mitra bisnis. Ajak mereka untuk patungan modal atau istilahnya joint venture. Sumber modal ini lumayan besar sehingga dapat memenuhi sebagian besar modal yang diperlukan.

Saat patungan modal, usahakan membagikan pekerjaan dengan rata agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Toh jika bisnis rugi, Anda tidak akan menanggung seluruh kerugian tersebut seorang diri. Pilih teman yang benar-benar dapat dipercaya agar meminimalisir masalah di masa depan.

5. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu sumber modal selanjutnya yang bisa dicoba. Program pembiayaan usaha pemerintah ini wajib Anda pertimbangkan. Pemerintah memang telah bekerja sama dengan PT. Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan beberapa bank untuk menyediakan permodalan usaha bagi kalangan menengah ke bawah.

Baca juga : Mengenal Influencer Marketing Secara Rinci

Jumlah kredit yang disalurkan program ini juga bervariasi. Bahkan ada bisnis yang mendapat pembiayaan sampai Rp 500.000.000. Tentunya bukan jumlah yang kecil bukan?

Agar bisnis berjalan dengan lancar, Anda tidak hanya membutuhkan modal yang cukup, melainkan juga dukungan dari platform yang memudahkan pembayaran dari pelanggan. Untuk itu, Payment Gateway Bayarind hadir untuk membantu seller menampilkan metode pembayaran di website mereka. Dengan kata lain, seller dapat menerima pembayaran secara online dan memperoleh real time report sehingga mempermudah pelanggan dalam melakukan pembayaran dengan berbagai macam metode pembayaran yang disajikan.

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru