Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Mengenal Influencer Marketing Secara Rinci

news-image

Dalam menjalankan bisnis di era modern saat ini, keterlibatan media sosial sangatlah berpengaruh. Terutama dalam hal promosi merek produk, media sosial mengambil peranan yang besar. Ketika suatu bisnis sudah masuk ke dalam dunia internet, maka peran influencer marketing menjadi penting.

Namun, sebetulnya apa yang dimaksud dengan influencer marketing? Sederhananya, seorang influencer marketing adalah seorang tokoh, figur, atau individu yang mampu mempengaruhi publik untuk dapat memiliki gambaran yang baik terkait produk/jasa sehingga segan untuk membeli produk/jasa tersebut.

Seorang influencer marketing memiliki ciri berupa kepemilikan followers media sosial yang banyak, tingginya engagement dari tiap postingan di media sosial, atau bisa pula berupa ketenaran dan kepopuleran. Beberapa pihak yang bisa dikategorikan sebagai influencer marketing adalah selebriti, selebgram, youtuber, TikToker atau lain-lainnya selama ia membuka jasa endorse.

Keuntungan Menggunakan Jasa dari Influencer Marketing

Untuk mengenal lebih jauh apa yang dimaksud dengan influencer marketing, Anda dapat menyimak pula berbagai keuntungan dari menggunakan jasa tersebut. Berikut ini adalah beberapa benefit yang bisa didapat dari jasa influencer marketing:

1.       Membantu Promosi dan Meningkatkan Penjualan

Keuntungan pertama yang pasti akan bisnis Anda dapatkan jika menggunakan jasa influencer marketing adalah dalam hal promosi. Produk Anda akan dapat dipromosikan dengan lebih gencar lagi sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan jangkauan pasar yang menjadi semakin luas, kemungkinan untuk penjualan yang meningkat juga menjadi semakin besar. Apalagi jika produk Anda dipromosikan pada waktu yang tepat. Contohnya, influencer marketing mempromosikan produk pakaian syar’i saat di bulan Ramadhan.

Baca juga : Pengertian Fintech Beserta Manfaat dan Jenisnya

Nah, dalam hal ini, penting pula untuk Anda agar dapat memilih influencer marketing yang tepat. Jika Anda ingin mempromosikan bisnis pakaian, maka pilihlah seorang influencer yang memang fashionable.

2.   Membangun Word of Mouth

Keuntungan berikutnya dari menggunakan jasa influencer marketing adalah membangun ‘word of mouth’. Ini dapat berupa informasi terkait produk secara real atau pengalaman menggunakan produk tersebut. Biasanya hal ini dikenal juga dengan istilah ‘honest review’.

Hal ini berlangsung ketika seorang influencer mempromosikan produk bisnis Anda sambil berbagi pengalamannya ketika menggunakan produk tersebut. Hal ini akan sangat ampuh mempengaruhi publik untuk membeli produk Anda. Terutama jika seorang influencer tersebut memang dikenal sebagai orang yang hanya endorse produk-produk terpercaya.

3.   Membangun Trust dan Kedekatan dengan Konsumen

Keuntungan berikutnya adalah dalam hal membangun kedekatan dengan para konsumen produk Anda. Hal ini dapat dilakukan ketika para influencer marketing mempromosikan produk Anda dengan strategi yang tepat sehingga terbangun trust (kepercayaan) dari publik untuk akhirnya mau membeli produk tersebut.

Jika produk Anda di bidang makanan, maka membangun trust akan lebih mudah jika seorang influencer mampu menikmati makanan tersebut secara langsung di depan followersnya. Bukan hanya sebatas me-repost foto-foto produk saja.

Tips Menggunakan Jasa Influencer Marketing

Setelah mengenal apa itu influencer marketing dan apa saja keuntungannya, berikut ini adalah beberapa tips menggunakan jasa dari influencer marketing:

  1. Buat perencanaan dan tujuan yang ingin dicapai dari penggunaan jasa influencer marketing.
  2. Ikuti tren pasar dan cari peluang promosi
  3. Bangun hubungan baik dengan para influencer marketing yang pernah bekerja sama

Di samping itu, selain mempromosikan produk, influencer marketing juga kerap mempromosikan sistem pembayaran dari bisnis Anda. Karena tidak dipungkiri bahwa ketika membeli produk, pelanggan juga memikirkan sistem pembayaran yang mudah.

Untuk itu, Anda dapat mempersiapkan sistem pembayaran di bisnis Anda dengan layanan payment gateway bayarind. Pada layanan ini, bisnis Anda bisa menikmati sistem payment gateway terbaik di Indonesia yang mampu menjadi solusi bisnis Anda.

Dengan menerapkan standar ISO 270001, pembayaran akan terjamin keamanannya sehingga Anda tidak perlu khawatir perihal keselamatan data dan privasi bisnis dan pelanggan. Untuk mengetahui lebih lanjut layanan payment gayeway bayarind, silakan klik disini !

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru