Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Ini Dia 5 Tips Berjualan Melalui IG yang Menguntungkan

news-image

Instagram merupakan salah satu platform digital yang multifungsi. Memang, ketika pertama kali muncul, aplikasi yang satu ini banyak digunakan untuk mengembangkan jaringan pertemanan dan mendapatkan informasi berbasis foto dan video. Namun, seiring berjalannya waktu, Instagram juga bisa dijadikan platform promosi dan jualan.

Jika disimak, Instagram pun mengeluarkan fitur Instagram bisnis dan Instagram ads yang merupakan fitur untuk berjualan. Terlebih, pengguna aplikasi ini sangat banyak dan lintas golongan.

Kombinasi fitur yang lengkap dan pengguna yang banyak memang menjadi kelebihan Instagram sebagai platform jualan. Hanya saja, Anda perlu mengetahui beberapa tips berjualan melalui Instagram untuk menjaring lebih banyak konsumen dan mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal.

Ragam Tips Berjualan di Instagram Untuk Keuntungan Maksimal

Seperti yang disinggung di awal, Instagram kini memang menjadi platform jualan yang cukup efektif dengan target pasar yang cukup luas. Hanya saja, Anda harus bersaing dengan penjual lain untuk mendapatkan konsumen. Oleh karenanya, untuk memaksimalkan penjualan, Anda harus mengaplikasikan beberapa tips berjualan di Instagram.

Beberapa tips berjualan di Instagram yang efektif untuk meningkatkan penjualan adalah:

1. Buat profil Instagram bisnis

Ketika Anda ingin menggunakan Instagram untuk berbisnis, maka ada baiknya jika Anda membuat profil Instagram khusus bisnis. Instagram sendir menyediakan opsi akun versi bisnis dengan tambahan fitur yang cukup penting.

Baca juga : Tips Supaya Jualan di Toko Online Bisa Laris Manis

Misalnya saja, ada fitur Instagram shopping yang akan memudahkan Anda untuk membuat daftar produk, memberi tag pada produk pada story atau feed dan menautkan link website. Selain itu, ada pula fitur iklan Instagram untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

2. Memaksimalkan tampilan profil

Instagram adalah aplikasi berbasis foto dan video. Oleh karenanya, agar akun Instagram yang Anda gunakan lebih ramai dikunjungi calon konsumen, maka Anda harus memaksimalkan tampilan profil Instagram. Bisa dikatakan bahwa tampilan profil akan memberikan kesan pertama yang menentukan bagi konsumen.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan tampilan profil pada akun Instagram yang Anda kelola. Misalnya saja, menggunakan foto profil yang eye-catching, menuliskan bio yang jelas dan meyakinkan, menyertakan banyak informasi penting serta menjaga postingan Instagram tetap terlihat estetik.

3. Menggunakan nama akun yang jelas

Meskipun terdengar sepele, namun penggunaan nama akun untuk berjualan di Instagram tetap berpengaruh. Pasalnya, nama akun yang digunakan akan berkaitan dengan kemudahan mencari. Oleh karenanya, gunakan nama akun yang tepat dan tidak terlalu aneh.

4. Menggunakan fitur belanja

Instagram menyediakan fitur belanja untuk menunjang pengguna yang berjualan di platform tersebut. Terkait fitur ini, Anda bisa menyertakan produk pada konten Instagram yang diunggah.

Nah, dengan fitur ini, Anda bisa menyertakan harga serta spesifikasi produk yang Anda jual. Tidak hanya itu, Anda pun juga bisa memberikan tag untuk mengarahkan pembeli ke toko online yang Anda gunakan agar segera melakukan transaksi.

Baca juga : Mengenal Influencer Marketing Secara Rinci

5. Mengelola konten dengan maksimal

Satu lagi tips berjualan di Instagram yang penting adalah mengelola konten dengan maksimal. Konten adalah senjata utama untuk berjualan melalui Instagram. Pasalnya, konten-lah yang akan membuat konsumen tertarik.

Terkait konten, berusahalah untuk menyertakan foto atau video produk yang profesional. Selain itu, tambahkan caption yang mampu memberikan penjelasan maksimal untuk produk yang dipasarkan.

Nah, beberapa hal di atas adalah ragam tips yang perlu Anda ketahui untuk memaksimalkan jualan melalui Instagram. Sebagai penunjang bisnis, Anda juga bisa menggunakan layanan pgbayarind.id. Layanan ini merupakan payment gateway yang akan memudahkan transaksi agar konsumen bisa melakukan pembayaran dengan lebih mudah dan cepat.

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru