Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Cari Tahu Cara Kerja Online Payment System dan Manfaatnya

news-image

Pernah mendengar tentang online payment system? Bisa jadi, beberapa kalangan menganggap bahwa istilah online payment system merupakan istilah yang cukup asing. Namun, jika mengetahui maknanya, maka sebenarnya hampir di setiap transaksi online yang Anda lakukan, Anda sudah menggunakan online payment system ini.

Tentu, online payment system tidak hanya digunakan dalam pembelian produk secara online saja, melainkan beragam pembayaran tagihan seperti pembayaran listrik, PDAM dan lainnya. Kehadiran sistem ini secara langsung memang akan memudahkan transaksi yang dilakukan sebab segala transaksi bisa ditunaikan secara real time dan cepat.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara kerja online payment system serta ragam manfaat yang bisa didapatkan. Penasaran? Simak ulasannya!

Cara Kerja Online Payment System

Secara singkat, online payment system merupakan sebuah layanan transaksi antara pihak pembeli dan penjual yang dilakukan dengan cara mengotorisasi transaksi. Umumnya, layanan ini adalah layanan pihak ketiga yang akan melakukan verifikasi lantas menerima atau menolak transaksi kartu kredit atas nama pedagang melalui koneksi internet yang aman.

Baca juga:  Mengulik Sistem Keamanan Payment Gateway Indonesia 

Lantas, bagaimana cara kerjanya?

Proses pertama online payment system dimulai ketika pelanggan memilih produk atau layanan yang diinginkan serta melanjutkan pada halaman pembayaran. Terkait hal ini, sebagian besar online payment system akan menawarkan opsi pembayaran yang berbeda.

Selanjutnya, pelanggan memasukkan detail kartu debit atau kredit di halaman pembayaran. Rincian yang dimaksud tentu termasuk nama pemegang kartu, nomor CVV serta tanggal kadaluarsa. Detail informasi ini secara aman akan diteruskan ke gateway pembayaran.

Setelah itu, online payment system akan melakukan enkripsi rincian kartu dan memeriksa detail informasi kartu yang didapatkan sebelum mengirim data tersebut ke bank. Apabila data sudah dimasukkan ke bank, maka bank akan mengakuisisi dan mengirimkan informasi ke berbagai skema kartu yang digunakan.

Nah, bank penerbit akan menerima data pembayaran dan mengotorisasi transaksi tersebut. Kemudian, pihak bank akan melakukan persetujuan atau penolakan transaksi. Jika disetujui, maka pelanggan bisa melanjutkan transaksi dan melakukan pembayaran.

Baca juga:  Manfaat Menerima Pembayaran Online Bagi Perusahaan 

Tahap terakhir terkait cara kerja online payment system adalah penyelesaian pembayaran. Biasanya, ada batas waktu yang diberikan untuk pelanggan. Jika dalam batas waktu tertentu pembayaran belum diselesaikan, maka pelanggan harus mengulangi proses transaksi.

Manfaat Online Payment System Untuk Transaksi

Kehadiran online payment system dalam proses transaksi tentu memberikan berbagai manfaat yang bisa dijadikan alasan kenapa sistem pembayaran ini patut untuk dicoba. Adapun beberapa manfaat dari online payment system tersebut diantaranya adalah:

1.      Transaksi yang aman

Dengan menggunakan sistem enkripsi standar industri, online payment system merupakan platform yang aman untuk digunakan dalam transaksi. Tentu, risiko adanya kebocoran data pun tidak akan terjadi pada skema pembayaran ini.

2.      Proses transaksi yang lebih cepat

Manfaat lain dari penggunaan online payment system adalah untuk mempercepat proses transaksi yang dilakukan. Dengan sistem yang diperbarui, online payment system akan membuat transaksi lebih efisien dibandingkan dengan pemrosesan secara manual. Tentu, pelanggan pun tidak perlu menunggu lama saat melakukan transaksi.

3.      Memperluas basis pelanggan

Untuk Anda yang mengelola bisnis, online payment system bisa diandalkan untuk memperluas basis pelanggan. Dengan manfaat ini, Anda bisa menjaring lebih banyak pembeli dari berbagai lokasi yang berbeda untuk kemajuan bisnis.

Nah, dengan beragam manfaat yang didapatkan, tentu online payment system bisa dijadikan penunjang pengelolaan bisnis yang efektif. Jika Anda tertarik untuk menggunakan online payment system pada bisnis Anda, pgbayarind.id merupakan produk yang bisa diandalkan. Cek fitur yang tersedia dan Anda pasti akan memerlukannya!

 

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru