Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Mengenal ESG dalam Dunia Investasi

news-image

Investasi ESG merupakan salah satu jenis investasi yang sangat mudah dilakukan. Caranya dengan mengeliminasi perusahaan yang bersentimen negatif. Kemudian memilih perusahaan terbaik dari perusahaan bernilai positif bagi lingkungan ataupun sosial.

Di dunia, tren investasi ESG (environment, social, and good governance) semakin menanjak. Di Asia, sudah ada 5.000 investor lebih yang tertarik menanamkan dana ke perusahaan yang mengedepankan prinsip berkelanjutan berbasis ESG.

Mengenal Investasi ESG

Perkembangan investasi ESG global terus meningkat signifikan. Hanya dalam 8 tahun terakhir saja sudah banyak investor yang menanamkan modal di perusahaan ini.

Inilah yang membuat banyak investor mulai tertarik dengan jenis investasi yang seperti ini. Dari tahun 2012 hingga 2018 saja, total kenaikan investasi ESG mencapai 170,48%.

Baca juga : Mengulik Sistem Keamanan Payment Gateway Indonesia

Angka investasi tersebut terus bertumbuh dari USD 11,35 triliun hingga USD 30,7 triliun. Konsep investasi ESG tidak hanya keuntungan semata. Namun memperhatikan segi manfaat usaha bagi masyarakat lingkungan dan pemerintahannya juga.

Dengan adanya investasi ini, nyatanya banyak perusahaan yang naik signifikan dalam hitungan jangka panjang. Wajar jika perkembangan investasi ini terus bertambah hingga sekarang.

Strategi Menjalankan Investasi ESG Terbaik Untuk Perusahaan

Bagi yang tertarik menjalankan investasi ESG, ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa strategi yang dimaksud :

1. Exclusionary

Exclusionary adalah strategi utama yang bisa membuat investasi ESG jadi tepat sasaran. Pertama-tama, buatlah daftar perusahaan yang bersentimen dinilai negatif pada lingkungan maupun masyarakat.

Perusahaan yang mengeruk sumber daya alam atau perusahaan perjudian dapat dimasukkan ke daftar negatif ini. Pastikan perusahaan yang terdaftar tersebut tereliminasi dari penanaman investasi ESG yang Anda jalankan.

2. Best in Class

Perusahaan yang punya ranah bisnis mendukung lingkungan atau sosial belum tentu bisa dijadikan sebagai perusahaan yang bagus untuk sasaran investasi ESG. Contohnya, tidak semua perusahaan energi terbarukan bagus untuk diinvestasikan.

Anda bisa memilih perusahaan yang mengantongi peringkat ESG baik. Yang tentunya dapat dilihat dari unsur lingkungan, reputasi masyarakat, atau juga kepatuhannya kelola maupun aturan.

3. ESG Integration

Strategi populer ini banyak dijadikan sebagai pilihan investor yang memainkan investasi ESG. ESG Integration memainkan analisis aspek ESG dalam sebuah perusahaan. Dari sini baru dapat dilihat penyesuaian khusus sebelum mengambil keputusan investasi.

Untuk mengintegrasikan faktor ESG perusahaan, manajer investasi mencoba melakukan penyesuaian taksiran penjualan dan juga biaya. Dari penyesuaian tersebut diketahui apakah valuasi perusahaan sesuai dan menjanjikan atau tidak.

4. Sustainability Theme Investment

Selanjutnya, Anda dapat memakai strategi sustainability theme investment jika tertarik melakukan investasi ESG. Strategi ini sangat berbeda dengan sebelumnya. Di mana Anda tidak perlu menyasar perusahaan dan menilai seluruh aspek lingkungan dan sosialnya.

Cukup menargetkan perusahaan di bidang tertentu yang punya sentimen positif soal lingkungan maupun masyarakat saja. Contohnya, Anda bisa menargetkan investasi ke perusahaan yang punya basis pengelolaan energi terbarukan.

Baca juga : Cek 5 Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Online

5. Green Bond

Strategi ESG ini hampir mirip dengan strategi sustainability theme investment. Jadi fokusnya mengarahkan investasi ke perusahaan sejenis yang selalu ramah lingkungan dan sosial. Bedanya hanya bentuk investasi yang dilakukan oleh investor saja.

Jika memilih strategi green bond, Anda cukup membeli surat utang maupun obligasi perusahaan yang berkaitan dengan proyek berbasis lingkungan atau sosial yang tengah dikerjakan.

Kesimpulan

Selain berinvestasi, tentu juga Anda harus memerhatikan bisnis. Supaya bisnis berjalan dengan baik, Anda bisa menggunakan sistem pembayaran dari Payment Gateway dari Bayarind.

PG Bayarind ini memberikan dukungan payment terlengkap di Indonesia secara cepat, mudah, dan aman. PG ini juga sudah berizin dari lembaga terkait. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi link berikut ini pgbayarind.id

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru