Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Cek 5 Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Online

news-image

Apa saja faktor yang mempengaruhi pembelian online saat ini? Bagi yang penasaran, Anda bisa intip artikel ini sampai tuntas. Tidak bisa dipungkiri, Asia merupakan kawasan yang memiliki pembelanja online melimpah.

Khusus wilayah Asia Tenggara, Indonesia menjadi negara dengan jumlah populasi terbesar, sehingga menjadi target utama pelaku e-commerce dunia. Di Indonesia, ada beberapa faktor yang menyebabkan jumlah pembelian online jadi meningkat.

Inilah Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Online di Indonesia

Ada berbagai hal yang mempengaruhi pembelian online di Indonesia sehingga membuat beberapa tahun terakhir terus meningkat. Berikut adalah beberapa faktornya :

1. Jumlah pengguna smartphone meningkat

Tren yang membawa perubahan pada pergerakan e-commerce di Indonesia adalah pertumbuhan pengguna internet yang terus meningkat.

Dari banyaknya pengguna internet, sebagian besar mengakses lewat smartphone (mobile internet). Fakta tersebut ada pada data yang dihimpun di dalam Priceza Januari hingga November 2021 lalu.

Baca juga : Bayarind: Solusi Pembayaran Online Terkini dengan Beragam Keunggulan

Data tersebut juga didukung dengan gaya hidup masyarakat Indonesia yang mengedepankan keterbukaan. Inilah yang membuat pembeli online makin cerdas untuk berbelanja secara online.

2. Model omnichannel yang terus diperhatikan

Tren yang banyak dilakukan oleh pelaku e-commerce adalah teknik omnichannel yang sekaligus juga menggabungkan antara commerce tradisional dan juga e-commerce. Artinya, pelaku tidak hanya fokus untuk satu channel distribusi saja. Namun juga mengandalkan media offline (toko fisik/retail) dan online (online shop) sekaligus agar menciptakan keseimbangan bisnis.

Omnichannel menjadi tren jual beli yang sangat pesat di Amerika dan Tiongkok. Di Indonesia, model bisnis online seperti ini baru saja ditelurkan. Bahkan menjadi model bisnis yang terus meningkat.

3. Pengiriman barang yang semakin cepat

Selain itu, pengiriman barang yang cepat juga faktor yang mempengaruhi pembelian online di Indonesia. Di Indonesia, banyak pelaku e-commerce yang telah bekerja sama dengan penyedia layanan pengiriman barang.

Bahkan banyak platform e-commerce yang juga menyediakan gratis ongkos kirim yang tentunya sangat menguntungkan bagi pelanggan. Wajar saja jika jumlah pembelian online terus meningkat tajam.

4. Uang fisik sudah digantikan dengan e-payment

Indonesia adalah salah satu negara yang sedang menuju ke cashless society. Yang mana proses berbelanja dapat dilakukan menggunakan uang online atau e-payment. Artinya, uang tunai bukan suatu keharusan lagi.

Kemudahan melakukan pembayaran tersebut tentu saja banyak ditawarkan oleh beragam startup fintech populer di Indonesia saat ini. Bahkan juga turut muncul pembayaran barang dengan metode transfer bank dan juga cash-on-delivery (COD). Sehingga membuat setiap pelanggan makin puas berbelanja online.

5. Jual beli antar negara yang terus bertumbuh

Kawasan Asian Tiger Cubs sangat menggemari fashion, gadget dan juga otomotif. Di Indonesia yang masuk ke kawasan tersebut, banyak pembeli online yang suka berbelanja fashion dan otomotif.

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang suka berbelanja fashion dan otomotif dari luar negeri, khususnya Asia. Untuk berbelanja juga mudah dan tidak seribet yang dipikirkan.

Cukup menunggu konfirmasi dari bea cukai saja dan selanjutnya barang yang diinginkan sudah sampai ke depan rumah. Jual beli di kawasan global terus tumbuh seiring kemudahan dan layanan jual beli online.

Baca juga : Mengulik Sistem Keamanan Payment Gateway Indonesia

Kesimpulan

Dari berbagai faktor yang mempengaruhi pembelian online di atas dapat disimpulkan bahwa pembelian online kawasan Indonesia terus berkembang pesat. Demi kenyamanan dan keamanan transaksi, silakan gunakan PG Bayarind.

PG Bayarind akan membantu proses transaksi jual beli online yang akan Anda lakukan. Dengan segudang fitur unggulan di dalamnya, aplikasi ini telah dipercaya oleh berbagai platform dan merchant terbaik di Indonesia. Sudah saatnya Anda mengikuti jejak kesuksesan mereka setelah menggunakan PG Bayarind.

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru