Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Menyelami tentang Predictive Marketing dan Pengaplikasiannya

news-image

Seiring dengan persaingan bisnis yang tampak lebih ketat dari waktu ke waktu serta banyaknya bisnis serupa yang baru muncul dengan beragam hal baru yang menarik, seorang pebisnis tentu perlu melakukan inovasi dalam strategi pemasaran yang mereka lakukan. Hal ini tentu sangat beralasan karena strategi pemasaran yang inovatif akan memudahkan menjangkau pelanggan. 

Bisa dikatakan bahwa di era serba teknologi seperti sekarang ini, ada cukup banyak strategi pemasaran yang tersedia dan bisa dijadikan opsi. Nah, diantara beragam strategi pemasaran tersebut, predictive marketing menjadi salah satu jenis strategi yang bisa diterapkan. 

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan predictive marketing tersebut dan bagaimana bentuk penerapannya? Simak ulasan selengkapnya!

Apa Itu Predictive Marketing?

Beberapa dari Anda mungkin belum pernah mendengar tentang predictive marketing sebelumnya sehingga belum mengetahui apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran ini. Nah, dalam pengertian singkat, predictive marketing merupakan strategi pemasaran yang diterapkan dengan menggunakan banyak data untuk keperluan analisis.

Dengan data tersebut nantinya akan diolah untuk mengetahui ketertarikan dari pelanggan. Adapun beberapa data yang kerap dijadikan data analisis adalah riwayat transaksi yang dilakukan, perilaku pelanggan dan data penunjang lainnya.

Bisa dikatakan bahwa predictive marketing menjadi salah satu strategi pemasaran terbaik saat ini yang dapat diterapkan dalam beragam industri. Hal ini dikarenakan strategi pemasaran ini tidak diterapkan secara serampangan, melainkan dengan pengolahan data riil. 

Teknik Strategi Pemasaran Predictive Marketing

Strategi pemasaran predictive marketing memiliki beberapa teknik yang bisa diterapkan guna mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa teknik yang dimaksud adalah:

1. Decision trees

Decision trees merupakan teknik predictive marketing pertama yang bisa diterapkan. Teknik ini adalah sebuah metode analisis yang didasarkan pada machine learning yang menggunakan algoritme data mining guna memprediksi potensi keuntungan dan risiko yang akan didapatkan ketika mengambil suatu keputusan tersebut. 

2. Neural networks

Teknik predictive marketing lain yang juga bisa dijadikan strategi pemasaran adalah neural network. Teknik yang satu ini adalah sistem pengolahan daya yang dilakukan dengan menggunakan data historis serta data saat ini. Kombinasi data tersebut digunakan untuk melakukan prediksi tentang nilai dan kondisi pasar di masa depan.

3. Text analytics 

Text analytics juga merupakan teknik predictive marketing yang bisa dijadikan opsi. Teknik ini dibangun dengan menggunakan beberapa pendekatan yang berbeda, seperti pendekatan statistik, linguistik dan juga machine learning. Beberapa kalangan mengatakan bahwa teknik ini sering digunakan untuk menghindari data numerik.

Setidaknya, beberapa poin di atas adalah teknik predictive marketing yang bisa Anda jadikan opsi. Tentu, Anda bisa membandingkan beberapa teknik tersebut dan memilih mana teknik yang tepat untuk bisnis Anda.

Contoh Penerapan Predictive Marketing

Seperti yang disinggung sebelumnya, predictive marketing bisa diterapkan dalam beragam industri yang berbeda. Adapun beberapa contoh penerapan strategi ini adalah:

1. Perbankan dan keuangan

Industri perbankan dan keuangan kerap menggunakan predictive marketing sebagai strategi pemasaran. Dalam industri ini, strategi predictive marketing digunakan sebagai tools untuk memperkirakan risiko kredit, memaksimalkan kesempatan selling dan lainnya.

2. Retail

Bisnis retail juga merupakan contoh usaha yang menggunakan strategi predictive marketing. Dalam bisnis ini, strategi predictive marketing digunakan untuk melakukan identifikasi rekomendasi produk, melakukan analisis pasar serta memperkirakan penjualan. 

Selain dua industri di atas, predictive marketing juga diterapkan di bidang lain seperti kesehatan, kampanye pemasaran, human resource dan lainnya. Tentu, dengan dasar analisis yang digunakan, predictive marketing akan memaksimalkan bisnis yang Anda kelola.

Nah, untuk Anda yang ingin menerapkan strategi predictive marketing dalam bisnis, Anda bisa menggunakan layanan Bayarind. Dengan Bayarind, Anda akan mendapatkan solusi pembayaran payment gateway yang efektif. Tunggu apalagi, kunjungi laman pgbayarind.id dan dapatkan tawaran menariknya!

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru