Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Pentingnya Bisnis Menyediakan Berbagai Metode Pembayaran

news-image

Saat ini, bisnis online semakin berkembang dengan pesat. Sehingga, pemilik bisnis pun harus lebih fleksibel dalam menyediakan segala hal yang diinginkan oleh customer. Jika tidak, maka bisnis Anda akan semakin ditinggalkan oleh masyarakat luas.

Salah satu hal krusial yang diinginkan oleh customer adalah metode pembayaran yang beragam. Sebab, menurut sebuah survei yang dilakukan Ipsos, ada beberapa jenis metode pembayaran yang paling dipilih oleh masyarakat saat melakukan transaksi online yakni meliputi transfer bank sebanyak 75%, kartu kredit 12%, dan sisanya e-payment.

Mengapa bisnis harus menyediakan metode pembayaran yang bermacam-macam? Mari bahas pada poin-poin berikut ini!

Alasan Bisnis Harus Menyediakan Metode Pembayaran Beragam

Jika Anda hanya menyediakan satu jenis metode pembayaran saja. Bisa jadi kesempatan mendapatkan orderan dari bukan pengguna metode pembayaran tersebut akan hilang begitu saja. Ini hanya salah satu alasan saja, di bawah ini akan membahas mengapa bisnis Anda harus menyediakan berbagai macam metode pembayaran. Berikut selengkapnya!

  1.   Dapat Meningkatkan Kepuasan dari Pelanggan

Jika Anda menyediakan metode pembayaran yang beragam, maka kepuasan konsumen tentu akan meningkat. Jika toko online tidak melayani pelanggan hanya karena metode pembayarannya, maka pelanggan tentu akan kecewa.

Apabila pelanggan puas, maka akan meningkatkan penjualan dan menaikkan testimoni dan review. Ini tentu akan memperlancar kegiatan bisnis Anda di masa depan.

Baca juga : Mengenal Influencer Marketing Secara Rinci

  1.   Memengaruhi Keinginan Membeli dari Para Pelanggan

Selanjutnya, pembayaran yang bermacam-macam bisa menaikkan keinginan belanja dari pembeli. Karena adanya kemudahan dan pilihan bagi pelanggan akan pembayaran yang beragam, maka customer experience juga akan meningkat.

  1.   Transaksi yang Fleksibel

Saat ini, setiap toko online dan marketplace berlomba-lomba menyediakan pilihan metode pembayaran yang diinginkan pelanggan. Mulai dari pembayaran dari hampir semua bank, COD, hingga menggunakan e-payment.

Dengan pilihan ini, maka transaksi akan semakin fleksibel. Pebisnis untung, pembeli juga tidak terbebani dengan biaya admin jika melakukan transaksi berbeda bank.

  1.   Kepercayaan Pelanggan Lebih Tinggi

Untuk bisa menyediakan berbagai metode pembayaran, tentu saja pebisnis harus memanfaatkan payment gateway yang memungkinkan solusi rekening bersama. Di mana, rekening bersama ini akan melibatkan tiga pihak, yakni penjual, pembeli, serta pihak netral. Tanggung jawab pihak netral  yakni mempunyai satu rekening untuk pembeli menitipkan dana transaksinya.

Dana hanya bisa diteruskan pada penjual jika sudah menyelesaikan transaksi. Dengan begitu, pembeli akan merasa aman dan lebih percaya pada toko online tersebut.

  1.   Lebih Praktis

Bagi pembeli, adanya berbagai metode pembayaran bisa membuat transaksi jadi praktis. Pembeli bisa memilih metode pembayaran yang paling mudah untuknya. Misal, jika pembeli tidak memiliki kartu debit, dengan adanya pilihan pembayaran melalui e-wallet, bisa memudahkannya melakukan transaksi. Jika pembayaran bisa lebih praktis, maka tingkat penjualan produk Anda juga akan meningkat.

Demikian penjelasan mengenai pentingnya menyediakan berbagai macam metode pembayaran untuk toko online Anda. Nah, sekarang, Anda tidak perlu membuat rekening untuk berbagai bank agar bisa memberikan opsi terbaik untuk pelanggan. Sebab, hadir adanya Payment Gateway yang akan memudahkan urusan transaksi Anda.

Baca juga : Siapa Takut Bisnis Pre-order Menggunakan Online Payment System Bayarind

PG Bayarind menyediakan lebih dari 0 metode pembayaran yang meliputi kartu kredit atau debit yang berlogo Visa, Mastercard, AMEX, JCB, BCA, dan sebagainya. Ada juga pilihan virtual account dari 8 bank besar di Indonesia, debit instan, cicilan tanpa kartu, transfer bank berlogo ATM bersama, ALTO, dan Prima. Pilihan lainnya adalah e-money dan e-wallet, serta retail outlet.

Dengan PG Bayarind, maka pembayaran akan menjadi semakin mudah. Penjualan produk pun akan melesat dengan cepat. Yuk, segera daftar PG Bayarind sekarang juga untuk membuat bisnis semakin melaju pesat!

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru