Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Yuk, Ketahui Bagaimana Standar Keamanan Online Payment System Bayarind.id!

news-image

Salah satu hal yang sangat dipertimbangkan oleh seseorang maupun pelaku bisnis saat ingin menerapkan online payment system atau online gateway adalah mengenai standar keamanan dari sistem yang akan diinstalasi tersebut.

Hal ini menjadi wajar untuk dipertimbangkan mengingat bahwa di era digital seperti saat ini telah banyak ditemui berbagai kejahatan berbasis siber atau cybercrime. Kebanyakan dari kejahatan tersebut adalah berasal dari kejahatan pencurian dana dan data pribadi.

Sebetulnya, setiap perusahaan penyedia online payment system memiliki standar keamanannya tersendiri. Termasuk penyedia online gateway yakni payment gateway bayarind.id. Nah, dalam artikel kali ini akan dibahas secara lebih menyeluruh mengenai bagaimana standar keamanan online payment dari bayarind.id.

Yuk, simak dengan seksama!

Bagaimana Standar Keamanan Payment Gateway yang Disepakati?

Secara umum, sistem payment gateway memiliki standar keamanan yang cukup ketat. Di Indonesia sendiri, standar keamanan ini bermula dari adanya perizinan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan Bank Indonesia. Berikut adalah beberapa standar yang berlaku:

· 3D Secure Password

Suatu payment gateway online perlu menerapkan 3D Secure Password sebagai bentuk keamanan bagi para penggunanya. Password atau kata kunci ini nantinya akan sangat berguna untuk menjamin keamanan setiap transaksi yang dijalankan.

· Address Verification System

Standar keamanan berikutnya adalah dengan sistem verifikasi alamat. Dengan sistem tersebut, pengguna online gateway akan mendapatkan pemeriksaan sesuai dengan alamatnya. Sehingga dapat dilacak kebenaran transaksi dan menghindari transaksi oleh pihak selain pemilik kartu.

· Card Security Code

Standar keamanan dengan Card Security Code juga merupakan keamanan yang sangat penting bagi online gateway. Dengan adanya kode ini, transaksi hanya dapat diproses jika digit kartu kredit maupun kartu debit pengguna adalah sesuai dengan tagihan pembayaran. Ini untuk mencegah tagihan yang bukan milik Anda.

Apakah Standar Keamanan Bayarind.id Terjamin?

Setelah mengetahui bagaimana standar keamanan online payment system seharusnya diterapkan, kini mungkin Anda bertanya-tanya tentang apakah standar keamanan Bayarind.id sudah sesuai dan terjamin?

Kabar baiknya, Payment Gateway Bayarind.id yang merupakan produk payment gateway dari bayarind.id sudah terjamin dari segi standar keamanan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan produk dan layanan dari https://pg.bayarind.id.

Secara rinci, sistem dan standar keamanan payment gateway bayarind.id adalah sebagai berikut:

· Mengantongi Izin Operasional dari BI

Standar keamanan dari Bayarind.id adalah mengacu pada standar umum yang diakui oleh BI atau Bank Indonesia. Oleh karena itu, payment gateway bayarind telah diizinkan untuk beroperasi oleh BI melalui surat keterangan nomor 21/112/DKSP/Srt/B.

Hal ini berarti bahwa, setiap transaksi yang dilakukan melalui payment gaetway bayarind telah dijamin keamanannya. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir tentang kebocoran data maupun penyalahgunaan data yang sering terjadi pada sistem digital yang tidak mendapat izin.

· Standar ISO 27001

Keamanan merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh payment gateway bayarind secara serius, penyedia payment gateway yang satu ini berusaha untuk melindungi data transaksi baik itu dari ancaman internal maupun eksternal. Oleh karenanya usaha tersebut, payment gateway bayarind berhasil mendapatkan sertifikat ISO SNI ISO/IEC 27001:2013.

Sertifikat tersebut merupakan suatu bukti dari adanya kredibilitas payment gateway bayarind dalam hal perlindungan data dan transaksi  pengguna dari berbagai ancaman dan serangan siber. Payment gateway bayarind dalam hal ini memang memiliki tata kelola yang baik berkaitan dengan penanganan informasi dan manajemen data.

· Mengikuti Standar Kominfo, FDS, sampai PCI DSS Certified

Di samping itu, payment gateway bayarind juga telah dinyatakan sebagai penyedia payment gateway yang aman untuk beroperasi oleh Kominfo. Payment gateway bayarind juga dilengkapi dengan FDS atau Fraud Detection System, yakni suatu proteksi yang menjaga transaksi kartu kredit maupun debit dari pihak eksternal.

Kemudian, payment gateway bayarind juga mendapatkan sertifikasi PCI DSS yang secara resmi diterbitkan oleh PCI Security Standard Council. Dengan hal tersebut, menyatakan bahwa payment gateway bayarind telah terbukti aman dari adanya kerentanan pencurian data.

Demikianlah penjelasan mengenai standar keamanan online payment system atau online gateway milik bayarind. Jika Anda ingin menggunakan layanannya, langsung kunjungi https://pg.bayarind.id.

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru