Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Apa Itu After Sales Service? Cari Tahu Agar Kualitas Bisnis Makin Maksimal

news-image

Dalam menjalankan suatu bisnis, pertimbangan mengenai kepuasan dan pelayanan kepada konsumen adalah hal yang tidak boleh disepelekan. Faktanya, ketika bisnis Anda mampu memberikan layanan yang prima maka konsumen akan tertarik untuk menggunakan produk atau layanan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh para pebisnis untuk menghadirkan pelayanan terbaik untuk konsumennya adalah dengan menonjolkan After Sales Service. Selayaknya kemudahan pembayaran dan pilihan metode transaksi, After Sales Service kini juga menjadi hal yang sangat penting.

Akan tetapi, sebetulnya apa sih yang dimaksud dengan After Sales Service tersebut? Serta bagaimana perannya untuk meningkatkan kualitas bisnis? Mari simak artikel ini untuk dapatkan jawabannya!

Memahami Apa Itu After Sales Service

Secara definisi, After Sales Service adalah suatu upaya untuk memastikan bahwa pihak konsumen telah merasa puas (satisfied) dengan produk atau layanan yang diberikan oleh suatu perusahaan bisnis. Keberhasilan dari After Sales Service akan terlihat dari rasa senang konsumen dan adanya kesukarelaan untuk merekomendasikan produk/layanan yang mereka pakai kepada kolega atau kerabat terdekat.

Baca juga : 5 Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Online

Meskipun dari segi kuantitas After Sales Service tidak secara langsung membuat kenaikan penjualan secara signifikan, namun jika konsumen merasa puas maka akan berdampak baik terhadap keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang. Di samping itu, dari rasa senang dan puas tersebut maka akan tercipta hubungan baik antara konsumen dan perusahaan yang menumbuhkan rasa percaya.

Strategi After Sales Service untuk Kualitas Bisnis

Di tengah persaingan dalam dunia bisnis yang semakin sengit, Anda perlu untuk mencari strategi yang dapat diimplementasikan untuk menunjang kualitas bisnis Anda. Dalam konteks ini, perlu adanya kesadaran bahwa suatu bisnis yang berkembang dan berkualitas bukan hanya dilihat dari keunggulan produknya saja. Melainkan dari segi pelayanan kepada konsumen.

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk memenuhi aspek pelayanan yang prima terhadap konsumen maka unsur After Sales Service dapat Anda pertimbangkan. Sebab, After Sales Service dapat mendorong bisnis Anda untuk muncul sebagai bisnis yang terpercaya dan berkualitas.

Hal ini terlihat dari bagaimana After Sales Service bekerja, sebagai berikut:

1. Menciptakan Loyalitas Bisnis

Pengaruh pertama yang tentu akan dirasakan oleh para pebisnis yang menerapkan After Sales Service adalah dalam segi loyalitas. Hal ini karena After Sales Service dapat membantu membangun hubungan baik dengan konsumen sehingga mereka akan loyal terhadap produk yang Anda tawarkan.

2. Meningkatkan Penjualan Produk

Pengaruh berikutnya dari After Sales Service adalah dalam hal peningkatan penjualan. Walaupun tidak secara langsung dan signifikan, namun loyalitas dan kepuasan dari seorang konsumen akan mampu menciptakan ‘words of mouth’ sehingga mampu meng-influence orang lain untuk ikut memakai produk dari perusahaan Anda.

Baca juga : Mengenal Influencer Marketing Secara Rinci

3. Mendukung Evaluasi dan Pengembangan Produk

Pengaruh berikutnya dari strategi After Sales Service terhadap kualitas bisnis adalah dalam hal mendukung pengembangan produk. Hal ini dapat terjadi ketika Anda meminta konsumen untuk memberikan ulasan atas pembelian produk atau layanan.

Dari ulasan tersebut, Anda bisa menganalisa saran dan masukan sebagai evaluasi terhadap produk Anda. Dengan strategi ini pula, proses pengembangan produk menjadi lebih terarah dan tetap sasaran karena berdasarkan pada pengalaman konsumen langsung.

Dalam menjalankan strategi After Sales Service, penting pula untuk Anda memilih sistem pembayaran yang efektif. Sebab, dari sistem pembayaran ini tingkat kepuasan konsumen juga dapat ditentukan. Sistem pembayaran yang menawarkan metode lengkap akan membuat konsumen lebih mudah dalam bertransaksi.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan sistem pembayaran online dari PG Bayarind. Sebab pada PG Bayarind telah terdapat lebih dari 30 metode pembayaran yang dapat dipilih. Kunjungi langsung website https://pgbayarind.com dan registrasi sekarang!

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru