Blog
Dalam dunia e-commerce, tentu istilah kode referral sudah tidak asing lagi. Kode ini biasanya berhubungan dengan promosi produk dengan memanfaatkan media sosial. Kode referral juga merupakan salah satu strategi marketing yang banyak digunakan oleh para pelaku usaha.
Contoh penggunaan kode referral adalah saat seseorang memasukkan kode ke suatu aplikasi, maka pihak penyedia akan memberi benefit pada pengguna sesuai yang dijanjikan seperti potongan harga jika sudah berhasil menyelesaikan pembelian produk tersebut.
Sekilas gambaran mengenai kode referral tentu mudah untuk dipahami. Lebih lanjut, kode referral akan dijelaskan pada artikel ini secara lebih lengkap!
Kode referral merupakan sebuah kode unik yang berupa huruf, angka, simbol, maupun kombinasi beberapa elemen tersebut. Biasanya, kode ini dipakai untuk mengajak target market bergabung pada keanggotaan platform tertentu ataupun membeli produk dengan hadiah tertentu.
Baca juga : Siapa Takut Bisnis Pre-order Menggunakan Online Payment System Bayarind
Kode referral ini juga bisa berupa tautan yang mengarah pada tindakan tertentu seperti mendaftar maupun mengunduh aplikasi. Pemegang kode referral dapat membagikan kode pada keluarga, teman, atau saudara untuk memperoleh keuntungan seperti cashback, diskon, hingga komisi.
Umumnya, kode referral di e-commerce menawarkan diskon. Sehingga, ketika seorang pengguna membeli suatu produk dan memasukkan kode unik ini, saat checkout, ada potongan harga yang akan didapatkan.
Sebetulnya, kode referral ini caranya kerjanya sederhana. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Kode referral adalah strategi pemasaran yang bisa menguntungkan bagi pengguna maupun pebisnis. Berikut keuntungan yang akan didapatkan oleh pebisnis secara lebih rinci:
Kode referral sangat menguntungkan bagi konsumen. Dengan adanya diskon melalui kode ini, maka orang-orang akan menyebarkan ke teman-temannya ataupun ke media sosial. Dengan begitu, kegiatan marketing dari bisnis Anda juga turut dilakukan oleh para konsumen. Sehingga, akan ada orang-orang baru yang akan mengenali usaha Anda dengan baik.
Kegiatan promosi dilakukan agar produk dari bisnis Anda lebih dikenal. Kode referral memiliki jangkauan yang lebih banyak dan lebih efektif. Bahkan, perusahaan bisa menjangkau target yang sebelumnya tidak terjangkau karena sifatnya yang lebih personal.
Baca juga : Payment Gateway Indonesia: Bayarind, Cari Tahu Kelebihan dan Fiturnya!
Selanjutnya, keuntungan kode referral bagi pengusaha adalah bisa meningkatkan loyalitas konsumen. Sebab, pengguna akan memperoleh keuntungan seperti komisi, diskon, dan sebagainya. Dengan memanjakan konsumen, maka mereka akan setia pada produk Anda.
Itulah dia pembahasan mengenai kode referral dan keuntungannya untuk pebisnis. Sebagai salah satu strategi marketing, kode referral layak untuk digunakan. Namun, tentu saja kode referral saja tidak cukup. Pasalnya, Anda juga harus memberikan layanan semaksimal mungkin untuk mempertahankan loyalitas konsumen.
Salah satunya dengan memberikan layanan sistem pembayaran yang mumpuni. Pastinya, Anda sangat disarankan untuk melengkapi toko online dengan payment gateway Bayarind. Ada banyak produk yang ditawarkan seperti opsi pembayaran online yang beragam, pembuatan laman invoice otomatis melalui Easy Invoice, One Pay, Auto Disbursement, DCC, hingga Bayarind Corporation.
Tertarik untuk menggunakan layanan dari Bayarind? Yuk, segera cek informasi selengkapnya melalui laman website PG Bayarind di pgbayarind.id dan lakukan registrasi segera!
Penulis : Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.