Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Online Payment System Ternyata Bisa Menunjang Bisnis UKM, Ini Alasannya!

news-image

Online payment system merupakan sistem pembayaran yang memanfaatkan internet. Pembayaran online sangat mengandalkan kestabilan jaringan internet di suatu tempat. Namun, sistem pembayaran ini saat ini lebih banyak dipilih karena dinilai lebih cepat dibandingkan cara lama.

Bagi UKM sistem pembayaran ini sangat memudahkan dan membuat bisnis berkembang lebih cepat. Karena arus uang lebih cepat dan juga aman. Selain itu, memudahkan UKM untuk membuat laporan keuangan dari transaksi yang tercatat pada online payment system.

Keunggulan Online Payment System

Sistem pembayaran ini sangat menunjang bisnis UKM karena beberapa alasan. Untuk Anda yang masih ragu menggunakan pembayaran secara online pada bisnis Anda, silakan baca dulu beberapa keunggulannya berikut ini.

Satu Rekening untuk Semua

Ketika Anda menggunakan sistem pembayaran online, Anda tidak perlu menyediakan beragam rekening. Karena, Anda hanya menyediakan satu rekening saja untuk bisnis Anda. Walaupun pelanggan menggunakan rekening yang berbeda-beda tetapi tetap bisa melakukan pembayaran.

Baca juga : Manfaat Online Payment System untuk Pembayaran Lebih Efisien

Cara ini tentu saja sangat efektif dan menguntungkan UKM karena lebih efisien. Selain itu juga bisa menjangkau banyak pelanggan yang menggunakan beragam rekening bank.

Promo Khusus

Mungkin Anda pernah tahu promo khusus yang dibuat untuk metode pembayaran tertentu. Cara ini digunakan untuk menarik pelanggan agar mau menggunakan metode pembayaran online yang sudah ditentukan. Selain itu, pemilik UKM juga merasa terbantu karena adanya aktivitas jual beli.

Berbeda dengan metode pembayaran konvensional, promo khusus seperti ini tidak akan Anda jumpai. Padahal, calon pelanggan sangat menyukai adanya potongan harga untuk menghemat pengeluaran mereka.

Meminimalisir Terjadinya Penipuan

Dalam sistem pembayaran online sudah didukung dengan Fraud System. Sistem ini meminimalisir terjadinya tindak penipuan. Sehingga kedua belah pihak merasa aman dan nyaman selama melakukan transaksi penjualan.

Seringkali yang belum menggunakan sistem pembayaran online sering tertipu oleh penjual dengan mengaku-ngaku sudah mentransfer dana. Caranya adalah dengan mengedit bukti transfer. Jika Anda tidak teliti, Anda bisa saja tertipu karena editan yang sangat menipu mata.

Efektivitas

Menggunakan online payment system sangat efektif bagi pelaku UKM. Mengingat para UKM memiliki modal yang terbatas, sehingga sangat cocok menggunakan sistem pembayaran yang minim budget ini. Selain itu, transaksi dibuat transparansi sehingga pelaku UKM dapat memantau secara langsung arus uang masuknya.

Kendala yang sering terjadi ketika menggunakan sistem pembayaran manual atau cara lama adalah sistem pencatatan yang tidak rapi bahkan terkadang kesulitan dalam melakukan pembukuan. Namun, jika menggunakan sistem pembayaran ini semuanya tercatat lengkap dengan tanggal dan waktu transaksinya.

Jangkauan Luas

Tidak hanya pembeli dalam negeri, pembeli luar negeri pun bisa melakukan transaksi karena sistem pembayaran dilakukan secara online. Bahkan untuk partner payment gateway tertentu menyediakan sistem pembayaran yang dapat mengkonversi langsung mata uang dari seluruh dunia.

Baca juga : Mengapa Payment Gateway bisa Menunjang Bisnis Anda? Ini Jawabannya!

Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi UKM karena pangsa pasar menjadi lebih luas. Selain itu, usaha juga lebih cepat berkembang. Dan yang pasti, pembayaran bisa cepat diterima oleh pembeli yang mempercepat perputaran uang.

Kalau Anda membutuhkan Online Payment System terpercaya dan berpengalaman, Anda bisa menggunakan Bayarind. Layanan payment gateway yang memberikan solusi terbaik untuk pelanggan Anda.

Sistem dalam Bayarind sudah mapan dan telah mengantongi banyak legalitas, seperti ISO 27001, PCI DSS Certified, dan Kominfo. Selain itu, Bayarind merupakan payment gateway yang aman karena diawasi langsung oleh Bank Indonesia.

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru