Blog

Dapatkan update terbaru seputar layanan Bayarind Payment Gateway dan Info serta tips seputar bisnis.

Online Payment System yang Anda Gunakan Setidaknya Harus Punya 5 Ciri Ini

news-image

Saat ini ada banyak penawaran online payment system yang memudahkan pelaku usaha untuk melakukan transaksi yang aman dengan pembeli. Namun, tidak semua sistem pembayaran bisa Anda pilih begitu saja. Karena, Anda juga harus memilih sistem pembayaran yang terbaik.

Sistem pembayaran online saat ini lebih banyak diminati daripada sistem pembayaran konvensional. Karena, selain proses transaksi yang cepat, penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung. Selain itu, dana yang dikirimkan terjamin keamanannya.

Ciri Online Payment System yang Harus Anda Pilih

Tidak semua penyedia sistem pembayaran online yang mahal adalah yang terbaik, pun sebaliknya. Tapi, Anda bisa melihat ciri-ciri dari sistem pembayaran online yang baik. Dengan begitu, bisa mendukung perkembangan usaha Anda.

Setidaknya, ada 5 ciri-ciri yang bisa Anda perhatikan sebelum berpartner dengan online payment system tertentu.

Izin Resmi

Tidak semua online payment mengantongi izin resmi. Karena termasuk ke dalam penyedia jasa pembayaran, maka penyedia sistem pembayaran online harus mengantongi izin dari Bank Indonesia. Jika sudah terdaftar, Anda tidak perlu ragu lagi dalam menggunakannya.

Baca juga : Online Payment System Ternyata Bisa Menunjang Bisnis UKM, Ini Alasannya!

Karena, sistem pembayaran online yang terdaftar di BI akan diawasi secara langsung. Data yang ada selama proses transaksi pun akan dijamin keamanannya. Sangat tidak dianjurkan menggunakan sistem pembayaran yang belum mengantongi izin meskipun harganya jauh lebih murah.

Proses yang Cepat

Selanjutnya, pilihlah penyedia sistem pembayaran online yang bisa memproses transaksi dengan cepat. Kecepatan dalam proses akan menyenangkan pelanggan sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Sedangkan untuk pembeli luar negeri, biasanya proses transaksi membutuhkan waktu yang lebih lama karena membutuhkan proses administrasi yang berbeda. Namun, Anda tetap bisa memilih layanan pembayaran online yang mampu mengklaim proses lebih cepat daripada lainnya.

Dukungan Layanan

Dukungan layanan sangat penting ketika Anda mengalami kendala atau pertanyaan tertentu seputar aplikasi. Pilih dukungan layanan penuh selama 24 jam selama 7 hari agar Anda bisa menghubungi pihak penyedia layanan sewaktu-waktu.

Selain itu, pilih yang tingkat responsibilitasnya tinggi. Tidak hanya menyediakan dukungan layanan via e-mail saja namun juga via telepon dan juga live chat. Pilih juga yang menggunakan tim support asli yang menguasai aplikasi dan bukan robot.

Transparansi Biaya

Anda perlu mengeluarkan budget tertentu untuk menggunakan online payment system. Cari tahu lebih dalam apakah penyedia layanan yang Anda pilih menerapkan biaya langganan bulanan, biaya transaksi, atau biaya lainnya?

Dengan begitu Anda bisa menghitung mana penyedia layanan pembayaran online yang sesuai dengan budget Anda. Pilih juga yang transparan dalam segi pembayaran. Dalam artian tidak ada biaya tambahan yang tidak diketahui ketika Anda menggunakan layanannya.

Baca juga : Manfaat Online Payment System untuk Pembayaran Lebih Efisien

Transaksi Mata Uang Asing

Jika Anda bermimpi untuk mengembangkan usaha hingga ke mancanegara, Anda wajib memilih layanan sistem pembayaran yang bisa menjangkau transaksi mata uang asing. Dengan begitu Anda juga bisa lebih cepat mengembangkan usaha di tingkat internasional.

Semakin banyak negara tujuan yang bisa dijangkau akan lebih baik untuk Anda. Tentu saja biaya layanannya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan pembayaran untuk dalam negeri saja. Namun akan sebanding dengan perkembangan usaha Anda yang semakin cepat.

Jika Anda membutuhkan online payment system yang terpercaya dan sudah terbukti membantu banyak usaha, Anda bisa menggunakan Bayarind. Bayarind telah bekerjasama dengan perusahaan besar seperti Lazada, Traveloka, Blibli, dan juga XL Axiata.

Bayarind juga sudah mendapatkan izin dari otoritas terkait seperti Bank Indonesia dan Kominfo. Tak hanya itu saja, Bayarind juga mengantongi sertifikat ISO 27001, PCI DSS, serta dilengkapi dengan FDS. Pastinya sangat aman untuk dipilih.

Share:

Penulis : Muhammad Doni Darmawan

Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.

banner

Berita Terbaru