Blog
Apakah Anda pernah membeli barang dengan sistem memesan terlebih dahulu baru, setelah menunggu beberapa waktu barang tersebut baru ready? Ya, inilah yang kerap disebut dengan bisnis pre-order. Nah, sistem pre-order sendiri merupakan bisnis yang diawali kesepakatan di mana konsumen harus membayar sejumlah biaya terlebih dahulu serta barang akan datang pada rentang waktu yang sesuai dengan perjanjian awal.
Biasanya, bisnis pre-order sangat cocok dilakukan oleh pemula karena tidak butuh terlalu banyak modal. Bisnis ini juga bisa meminimalisir kerugian karena tidak laku. Anda hanya perlu mendesain produk, memberi deskripsi yang menarik, serta mempunyai koneksi internet yang lancar. Apalagi, saat ini, ada pilihan metode pembayaran yang semakin dimudahkan dengan adanya online payment system Bayarind.
Bagi Anda yang sedang berencana memulai bisnis pre-order, sila simak beberapa tips-nya di bawah ini!
Pastikan Anda melakukan riset secara mendalam terlebih dahulu sebelum menentukan vendor yang akan diajak bekerjasama. Pertimbangkan kelemahan dan kelebihan pada masing-masing vendor. Dengan riset mendalam, maka Anda akan menemukan vendor yang menawarkan harga produksi yang murah tetapi produknya berkualitas.
Dengan begitu, Anda bisa mempertanggungjawabkan kualitas produk. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menawarkan harga barang yang kompetitif.
Baca juga : Cek 5 Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Online
Kapan waktu yang paling tepat untuk membuka pemesanan produk? Mulai akhir bulan sampai awal bulan adalah waktu memiliki probabilitas orang membeli produk karena sudah mulai gajian. Maka dari itu, Anda harus mencatat planning dengan baik pada kalender.
Bagi pembeli online pemula, terkadang masih bingung dengan proses pembelian di toko Anda. Maka dari itu, Anda bisa mencantumkan prosedur pemesanan supaya pembeli tidak bingung. Silakan cantumkan jadwal buka-tutup pre-order, lama proses produksi, jumlah minimal yang harus dibeli, serta sistem pembayaran yang bisa dipilih.
Agar produk Anda terjual dalam jumlah yang banyak, maka kemampuan copywriting harus benar-benar mumpuni. Anda bisa membuat kata-kata promosi yang menarik perhatian. Atau bisa juga menawarkan harga promo, diskon, free produk, gratis ongkir, dan sebagainya.
Dalam menjalankan bisnis, komunikasi dengan pelanggan adalah hal yang nomor satu. Salah satunya dengan cara memberi respon untuk semua feedback yang muncul. Anda bisa menggunakan media komunikasi seperti email, media sosial, hingga WhatsApp.
Anda juga harus teliti terhadap pesanan yang masuk. Jangan sampai ada yang salah kirim produk atau produk yang dikirim dalam kondisi yang jumlahnya kurang. Maka dari itu, catatlah detail nama konsumen, nomor telepon, alamat, serta jumlah dan detail pesanan.
Baca juga : Ini Dia 5 Sumber Modal Bisnis yang Bisa Anda Usahakan
Kepercayaan pelanggan akan semakin besar jika Anda menggunakan rekening bersama untuk metode pembayaran. Jadi, dana dari pembeli tidak akan langsung masuk ke rekening pribadi Anda, melainkan ke rekening pihak ketiga. Jika pesanan sudah sesuai, baru kemudian akan diteruskan ke rekening seller. Namun, jika pesanan tidak sesuai, maka masih ada kemungkinan dana dikembalikan ke pembeli.
Terkait dengan poin ke-tujuh, Anda bisa memilih online payment system Payment Gateway Bayarind sebagai solusi rekening bersama yang dapat dipercaya. Payment Gateaway Bayarind merupakan solusi untuk pembayaran terbaik yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Terdapat juga berbagai macam opsi pembayaran yang akan memudahkan bisnis pre-order Anda.
Payment Gateaway Bayarind mudah untuk integrasi, support pelanggan 24/7, dan siap membantu bisnis Anda untuk tumbuh lebih cepat. Yuk, segera gunakan Payment Gateaway Bayarind untuk bisnis pre-order yang lebih dipercaya pembeli!
Penulis : Muhammad Doni Darmawan
Doni is a digital content writer at PGBayarind. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles and SEO.